• nuraini zakiyah

KAJIAN LOKASI MINANGA TAMWAN DARI SUDUT PANDANG METEOROLOGI DAN MARITIM

Mencari tahu di mana kemungkinan lokasi pasti dari Minanga Tamwan sangat penting karena memiliki keterkaitan dengan berdirinya kota Palembang yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Minanga Tamwan merupakan nama tempat yang tertulis dalam prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Sungai Tatang, Kampung Kedukan Bukit, Kelurahan 35 illir, Kota Palembang. Prasasti Kedukan Bukit terdiri dari 10 baris dengan bahasa Melayu Kuno. Lokasinya saat ini ada Museum Nasional Indonesia di Jakartadengan Kode D.146. Selain itu, ada sekitar 30-an temuan situs abad ke-7.



Gambar P. Kedukan Bukit dalam Bentuk Potongan Batu


Dari gambar di atas, prasasti ini terlihat bentuknya kecil namun bukan suatu kebetulan P. Kedukan Bukit itu berada di Palembang. Hal ini disebabkan banyak sekali bukti situs-situs pendukung keberadaan prasasti tersebut, seperti Situs Telaga Batu, Temuan Sisa Kapal Kuna, Situs Bukit Siguntang, Prasasti-prasasti Siddhayatra, dan Prasasti Talang Tuo (Tercantum nama Dapunta Hyang Sri Jayanasa/Sri Jayanaga).


Gambar P. Kedukan Bukit Setelah Dicetak dan Dirapikan

Sumber: Panji T.B (2020)




Ada 6 teori mengenai lokasi Minanga Tamwan:

  1. Poerbatjaraka dan Soekmono: terletak di Hulu S. Kampar Kanan dan Kiri dekat Muara Takus

  2. Poerbatjaraka: nama lama dari Minangkabau

  3. Dr. Buchari: terletak di Hulu Batang Kuantan

  4. Slamet Muljana: terletak di Hulu S. Batanghari

  5. Ada yang mengatakan nama lain dari Binanga, dekat Candi Biaro Bahal/Portibi, Hulu S. Barumun

  6. M. Arlan Islami: terletak di muara S. Komering Purba



Lokasi Mencari Minanga




SECARA METEOROLOGI DAN KEMARITIMAN


Dari sudut pandang Meteorologi dan Kemaritiman, sains mengeliminasi kemungkinan yang ada di bagian utara karena Dapunta Hyang membutuhkan arah angin dan arus laut yang dapat membawa sampannya ke bagian selatan hingga bisa berlayar ke Mukha Upang. Selain itu, situs-situs mengenai Minanga Tamwan banyak juga berkumpul di bagian Selatan.



Gambar Dapunta Hyang Sri Jayanasa



0 views0 comments